Pada subtema 1 pembelajaran 4 berisikan 7 halaman adalah halaman 21-27. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Mengamati halaman 21, 22, dan 26
- Ayo Membaca halaman 24
- Ayo Berlatih halaman 25
- Ayo Berdiskusi halaman 26
- Ayo Renungkan halaman 27
Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang mesti dilakukan. Pada artikel ini aku mencoba menolong sobat-sobat untuk melaksanakan soal-soal yang disajikan di halaman 21, 25, 26, 27. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 21-27 :
Ayo Mengamati
Pada halaman 21, teman-teman diminta memperhatikan gambar yang tersaji. Lalu teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang ada di bawahnya.Jawaban (Halaman 21)
Apa yang sedang dikerjakan oleh Siti dan sahabat-teman? Bagaimana caramu menawarkan kepedulian kepada lingkungan sekolah? Tuliskan tanggapan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kolom berikut.Mereka sedang menanam tumbuhan. Cara aku menawarkan kepedulian kepada lingkungan sekolah yaitu dengan mencampakkan sampah di daerah sampah, melaksanakan piket kelas, mematikan keran jikalau tidak dibutuhkan, dan mematikan lampu jika tidak digunakan untuk meminimalisir pemanasan global.
Ayo Membaca
Pada halaman 25, disajikan sebuah teks yang mesti dibaca. Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Masa akil balig cukup akal yaitu era penyesuaian dari abad permulaan anak-anak sampai era permulaan sampaumur. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa akil balig cukup akal berakhir kira-kira pada usia 18 sampai 22 tahun. Pada pertumbuhan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian akil balig cukup akal pada lingkungan?Salah satu langkah yang bisa ditempuh agar para akil balig cukup akal peduli lingkungan yaitu dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai acuan, melalui acara pencinta alam. Kegiatan pencinta alam mampu memajukan kepedulian remaja kepada lingkungan alam. Kecintaan sampaumur kepada lingkungan alam tercermin pada perilaku peduli kepada lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk memperlihatkan perilaku peduli kepada lingkungan di antaranya mirip berikut.
1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2. Pengadaan daerah pembuangan sampah secara tolong-menolong.
3. Penanaman pohon di sekeliling pekarangan rumah.
4. Berhemat air dalam aktivitas sehari-hari.
Dengan demikian, generasi muda kita mampu menjadi generasi muda yang cinta alam dan berkembang menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan.
Dengan adanya kesadaran para akil balig cukup akal akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia tampakhijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran akil balig cukup akal akan lingkungan lazimnya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan penduduk sekitar.
Kepedulian akil balig cukup akal terhadap lingkungan sungguh penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan perihal keadaan bumi dikala ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) mampu memiliki pengaruh kepada pergantian iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan berganti-ubah tanpa mampu diprediksi sehingga menjadikan banjir di satu daerah, namun kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis akan bermunculan dengan kecenderungan makin usang makin kuat. Selain itu, dampak dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air higienis susah ditemukan. Oleh sebab itu, partisipasi remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sungguh diharapkan. Para sampaumur dapat mengajak penduduk untuk sadar akan mempertahankan lingkungan hidup. Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa dihindari. Para sampaumur menjadi motor penggagas pembangunan bangsa. Kepedulian cukup umur kepada lingkungan akan kuat kasatmata bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.
(Fadli, Se, Staf Umum IWF)http://www.iwf.or.id/detail_content/130
Ayo Berlatih
Pada halaman 25, sahabat-sahabat diminta mengerjakan peran yang disajikan.Jawaban (Halaman 25)
Apa judul yang sempurna untuk bacaan di atas?Pentingnya Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Coba temukan keyword pada judul teks! Lalu tuliskan keyword tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga berita yang terdapat pada teks menurut kata kunci yang kamu peroleh.
Ayo Mengamati
Pada halaman 26, dihidangkan gambar pertumbuhan dan perkembangan insan dari bayi sampai remaja. Teman-sobat diminta mengerjakan soal-soal yang dihidangkan menurut gambar tersebut.Jawaban (Halaman 26)
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menawarkan kala akil balig cukup akal?Gambar ke-4 dan dan ke-5 dari kiri.
Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:
- Tumbuhnya rambut di area ketiak dan kem4luan.
- Munculnya jakun pada leher.
- Suara membengkak.
- Mengalami mimpi lembap.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan halaman 26, sahabat-teman diminta membentuk suatu golongan untuk berdiskusi tentang ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Hasil diskusi harus dituliskan pada tabel yang disajikan di halaman 27.Jawaban (Halaman 27)
Demikian kunci balasan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 21, 25, 26, 27. Semoga menolong teman-sobat dalam menjawab soal-soal yang dihidangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar