Pada subtema 3 pembelajaran 1 terdiri dari 12 halaman adalah halaman 119-130. Dalam pembelajaran 1 ini terdapat subjudul-subjudul ialah :
- Ayo Membaca halaman 119 dan 128
- Ayo Berdiskusi halaman 121
- Ayo Mencoba halaman 124
- Ayo Renungkan halaman 130
Di antara subjudul-subjudul di atas, teman-sobat akan memperoleh soal-soal yang harus dijalankan. Pada artikel ini saya menjajal menolong sobat-sobat untuk melaksanakan soal-soal yang disajikan di halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 120-129 :
Ayo Membaca
Pada halaman 119 sampai 120, terdapat sebuah teks yang mesti dibaca. Kreativitas yang Membuahkan Hasil
Rangkaian bunga kering buatan Ibu Made Yuliani memenuhi etalase di rumahnya. Indah dipandang dengan aroma semerbak menyanggupi ruangan.Ibu Made Yuliani adalah seorang tokoh wirausaha Bali yang memulai bisnisnya dengan menghimpun bunga-bunga kering yang berjatuhan di sekeliling daerah tinggalnya di Pulau Dewata. Berawal dari rangkaian bunga kering, bisnisnya kini meningkat pesat dan menciptakan aneka produk pewangi. Sabun alami, pelembap tubuh, serta pewangi ruangan diramu dan dibuatnya dari beragam jenis buah dan tanaman.
“Kreativitas sangat penting dalam perjuangan ini”, ujar Bu Made.
“Bunga-bunga kering yang mulanya terlihat tidak menawan, dirangkai kembali menjadi karya seni yang mempunyai nilai jual,” lanjut Bu Made lagi.
Pelanggan produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun banyak yang berasal dari mancanegara.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa Sekolah Dasar/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pada halaman 120, disuguhkan beberapa pertanyaan yang mesti dijawab menurut teks yang sudah dibaca tadi.
Jawaban (Halaman 120)
Jawab pertanyaan berikut.1. Apa jenis perjuangan yang dilaksanakan Ibu Made Yuliani?
Pengrajin rangkaian bunga kering.
2. Apa materi yang digunakan Bu Made untuk menjalankan usahanya?
Bunga kering.
3. Apa manfaat usaha tersebut bagi penduduk dan lingkungan?
Dapat memajukan ekonomi penduduk sekitar dan menciptakan lingkungan menjadi bersih dari sampah bunga kering.
4. Apa yang mampu kamu pelajari dari cara Bu Made berwirausaha?
Kreativitas dalam memperbesar nilai jual sesuatu yang terlihat tidak berkhasiat ternyata mampu menenteng Bu Made mencapai keberhasilan.
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 121 sampai 122, teman-sobat diminta membaca beberapa teks yang membahas soal MEA. Apakah MEA itu?
MEA kependekan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di tempat Asia Tenggara pada final 2015 supaya daya saing Asean berkembangdan untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan mengembangkan kemakmuran.Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan gampang ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga persaingan akan kian ketat.
Bagaimana MEA mensugesti kita?
MEA tidak cuma membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan yang lain.Dengan diterapkannya MEA, potensi tenaga kerja ajaib untuk mengisi aneka macam jabatan serta profesi di Indonesia akan kian terbuka.
Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga memiliki peluang yang lebih besar untuk melakukan pekerjaan di negara-negara anggota ASEAN lainnya.
Hal ini pertanda bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia mesti terus ditingkatkan semoga mampu ikut ikut serta bareng tenaga kerja ajaib.
Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN yang lain?
Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja menghadirkan manfaat yang besar.Selain mampu membuat jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga mampu meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.
ILO memperkirakan bahwa seruan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015.
Sementara, usul akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22% atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah berkembang24% atau 12 juta.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa Sekolah Dasar/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pada halaman 122 hingga 123, diberikan beberapa soal yang harus dijawab.
Jawaban (Halaman 122-123)
1. Apa yang kamu pahami perihal MEA?MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ialah jual beli bebas yang memungkinkan sebuah negara memasarkan barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di daerah ASEAN.
2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA? Jelaskan.
Pelaku usaha mesti memajukan kualitas barang semoga layak bersaing dengan barang ajaib.
3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia semoga bisa ikut berpartisipasi di MEA?
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu bersaing dengan tenaga kerja ajaib.
4. Sebagai pelajar, apa yang mesti kamu kerjakan mulai saat ini agar nanti saat telah menuntaskan pendidikan bisa ikut ikut serta di MEA?
Belajar dengan tekun dan benar-benar agar bisa menjadi pribadi yang unggul dan berdaya saing tinggi di kurun MEA.
5. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Seluruh negara mampu menjua barang dan jasa dengan mudah, mencipatakan jutaan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.
Ayo Mencoba
Pada halaman 124, sobat-sahabat diminta memperhatikan beberapa cindera mata yang yang dibuat dari magnet.Kemudian terdapat 2 buah pertanyaan yang mesti sobat-sobat jawab.
Jawaban (Halaman 124)
Cendera mata di atas dapat kau tempelkan di pintu kulkas. Apakah pintu kulkas termasuk benda magnetis atau benda nonmagnetis? Mengapa?Termasuk benda magnetis sebab pintu kulkas memiliki lapisan magnet yang berfungsi sebagai perekat ketika pintu kulkas ditutup.
Di mana lagi kamu mampu menempelkan cendera mata di atas? Jelaskan.
Pada benda-benda magnetis mirip penggaris besi, knalpot, gagang pintu, seng, dan yang lain.
Pada halaman 125, sobat-teman diminta melaksanakan percobaan sederhana ihwal medan magnet.
Kemudian pada halaman 126 sampai 127 sahabat-teman diminta diminta menuliskan laporan berdasarkan hasil percobaan yang sudah dilakukan.
Jawaban (Halaman 126-127)
Laporan Percobaan Medan Magnet
Tujuan percobaan:
Mengidentifikasi medan magnet
Alat dan Bahan:
- Magnet
- Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
- Kertas karton berukuran A4
Langkah-langkah Percobaan:
1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
5. Jauhkan magnet dari kertas.
Hasil Percobaan:
- Ketika kertas karton diketuk, serbuk besi tetap menempel di kertas karton.
- Ketika magnet digerakkan, serbuk besi senantiasa mengikuti ke manapun magnet pergi.
- Ketika magnet dijauhkan dari kertas, serbuk besi tidak mengalami apa-apa.
Kesimpulan :
Serbuk besi menerangkan bahwa medan magnet itu tidak dapat dilihat, tetapi mampu digambarkan. Kuatnya medan magnet ini tergantung dari jarak kepada benda serta kekuatan magnet itu sendiri.
Ayo Mencoba
Pada halaman 128, sahabat-teman diminta mengamati formulir pengantaran barang yang ditunjukkan.Pada halaman 129, sahabat-teman diminta melaksanakan soal-soal wacana formulir yang dihidangkan.
Jawaban (Halaman 129)
Apa saja berita penting yang tercantum dalam pengantaran barang?
- Data peserta dan pengantarbarang yang mencakup nama, alamat, instruksi pos, dan nomor telepon.
- Tanggal pengantaran.
- Tanda tangan pengirim dan petugas.
Mengapa kita perlu mencantumkan kode pos dalam formulir pengiriman barang?
Untuk memudahkan kurir dalam mengantarkan barang.
Apa yang terjadi jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap? Jelaskan.
Kurir yang mengirim barang tersebut akan kesusahan memperoleh alamat si penerima yang dapat menimbulkan barang tidak sampai ke tangan akseptor.
Mengapa kita perlu mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima dalam formulir tersebut?
Agar sang kurir mampu menelepon penerima untuk mengonfirmasi kesesuaian barang dan alamat, atau menelepon peserta ketika alamat tak kunjung didapatkan atau terjadi hal lain.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129. Semoga membantu teman-sahabat dalam menjawab soal-soal yang dihidangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar