Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 6 halaman yakni halaman 93-98. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah :
- Ayo Membaca halaman 94
- Ayo Menulis halaman 96
- Ayo Mencoba halaman 96
- Ayo Berlatih halaman 97
- Ayo Renungkan halaman 97
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dilaksanakan. Pada postingan ini aku mencoba membantu sobat-sahabat untuk melakukan soal-soal yang disuguhkan di halaman 95, 96, 97. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 95-97 :
Ayo Membaca
Pada halaman 94, disajikan suatu teks perihal semangat kekeluargaan dan bersama-sama yang dibaca untuk mengenali pentingnya kedua hal tersebut. Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong
“Gotong royong adalah pembantingan tulang bareng , pemerasan keringat bareng , usaha bantu-membantu sesama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.” Demikianlah pecahan pidato Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 untuk menimbulkan tolong-menolong selaku landasan semangat membangun bangsa.
Gotong royong ialah suatu acara bersama yang bermaksud mencapai perkembangan bersama. Gotong royong sudah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini sudah ada sebelum Indonesia merdeka dan sudah berakar di dalam kehidupan penduduk . Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga mampu dilihat sebagai mereka yang mempunyai korelasi darah dengan kita. Namun, perilaku kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada korelasi darah. Sikap saling menyayangi, saling mencintai, melindungi, merasa saling mempunyai, turut mencicipi penderitaan kerabat sebangsa dan setanah air, ialah acuan dari sekian banyak sikap kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dahulu kala.
Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita selaku generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan bersama-sama yang menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua perilaku nyata ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan senantiasa tersadar dan terpelihara.
Sumber :
Subekti, Ari (2017). Tema 5 Ekosistem Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa Sekolah Dasar/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Berdasarkan teks di atas, sobat-sobat diminta menjalankan tugas-tugas yang disuguhkan pada halaman 95.
Jawaban (Halaman 95)
1. Melengkapi Tabel• Gunakan tabel berikut untuk mencatat beberapa teladan semangat bantu-membantu dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumahmu.
. Melakukan Wawancara
• Bentuklah suatu golongan terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengenali perilaku gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.
• Catatlah hasil wawancaramu pada tabel berikut ini.
Disesuaikan hasil wawancara yang sobat-teman kerjakan.
3. Mendiskusikan Hasil Wawancara
• Diskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalian lakukan.
a. Apakah kekerabatan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Semangat kekeluargaan dan tolong-menolong ialah kunci terwujudnya persatuan dan kesatuan NKRI sehingga keutuhan bangsa terjaga.
b. Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan bahu-membahu?
Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa seorang individu tidak mampu hidup sendiri. Suatu ketika seorang individu niscaya membutuhkan orang lain. Dan faedah dari semangat kekeluargaan dan bahu-membahu yaitu tujuan dapat dicapai lebih gampang dan cepat sebab dilaksanakan bersama-sama.
4. Mempresentasikan Hasil Wawancara
• Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian. Pastikan untuk mendengarkan hasil diskusi kalangan yang lain dengan saksama.
Ayo Berlatih
Pada halaman 97, sahabat-sobat diminta menjawab soal-soal latihan yang disuguhkan.Jawaban (Halaman 97)
1. Menurut pendapatmu, apakah yang dimaksud dengan bahu-membahu?Gotong royong yaitu upaya untuk meraih suatu tujuan yang dilakukan tolong-menolong.
2. Adakah aktivitas bahu-membahu yang sering kamu lakukan? Jelaskanlah.
- Ikut serta dalam menuntaskan tugas kalangan.
- Melaksanakan tugas piket bareng kelompok piket kelas saya.
3. Bagaimana dengan kegiatan bahu-membahu di sekolah dan sekitar rumah tinggalmu?
- Sekolah : Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, bantu-membantu melakukan peran golongan, dan bahu-membahu untuk mengadakan acara sekolah.
- Rumah : Kerja bakti membersihkan lingkungan, bersama-sama membantu warga yang mengadakan hajatan, dan bahu-membahu mengurusi pemakaman warga yang meninggal dunia.
4. Menurutmu, bagaimana cara untuk memajukan semangat bantu-membantu dan kekeluargaan di sekolahmu?
Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa sesama warga sekolah saling membutuhkan, bahwa kekerabatan keluarga tidak mesti ada ikatan darah, dan bahwa semangat gotong royong dan kekeluargaan menjadi salah modal untuk mengembangkan sekolah.
5. Apakah acara piket kelas merupakan pola penerapan semangat tolong-menolong? Jelaskan alasanmu.
Ya, alasannya piket kelas dikerjakan secara bantu-membantu oleh anggota kalangan yang telah dibuat. Dan piket kelas menjadi tujuan semua warga sekolah untuk mempertahankan kebersihan lingkungan sekolah.
lingkungan rumahmu.Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 95, 96, 97. Semoga menolong sahabat-sahabat dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar