Pada subtema 2 pembelajaran 1 berisikan 9 halaman ialah halaman 54-59. Dalam pembelajaran 1 ini berisikan beberapa subjudul adalah :
- Ayo Membaca halaman 55
- Ayo Berlatih halaman 58
- Ayo Renungkan halaman 59
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dilakukan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk melakukan soal-soal yang disajikan di halaman 56, 57, 58, 59. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 56-59 :
Pada halaman 49 sampai 50, disajikan suatu teks ihwal pergeseran ekosistem.
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah perjalanan mengkonsumsi dan disantap dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Perhatikan gambar berikut.
Padi disantap oleh tikus, kemudian tikus dikonsumsi oleh ular, ular dimakan oleh burung rajawali. Setelah sementara waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat diperlukan tanaman, utamanya rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berlangsung dari waktu ke waktu.
Di lautan, yang menjadi produsen yaitu fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tanaman hijau yang sangat kecil ukurannya dan terbang-layang dalam air. Konsumen I yakni zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II yaitu ikan-ikan kecil, pelanggan III yaitu ikan-ikan sedang, dan pelanggan IV adalah ikan-ikan besar.
Urutan insiden memakan dan disantap di atas mampu berjalan sepadan dan lancar bila seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu unsur tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan mengkonsumsi dan disantap tersebut. Agar rantai kuliner mampu terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pelanggan kesatu, konsumen kesatu lebih banyak dibandingkan dengan pelanggan kedua, dan seterusnya.
Ada satu lagi unsur yang berperan besar dalam rantai masakan, yakni pengurai. Pengurai ialah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam badan hewan dan tanaman yang sudah mati. Hasil kerja pengurai dapat menolong proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah basil dan jamur.
Sumber: BSE kelas 4 Budi Wahyono. 2010
Pasa halaman 56, sahabat-sobat diminta menentukan pokok anggapan yang terdapat di setiap paragraf dari bacaan di atas.
Jawaban (Halaman 56)
Paragraf 1 : Rantai makanan di sawah
Paragraf 2 : Rantai kuliner di maritim
Paragraf 3 : Syarat keseimbangan rantai kuliner
Paragraf 4 : Peran besar pengurai
Pada halaman 57, sahabat-teman diminta mengubah pokok fikiran yang telah dibuat sebelumnya menjadi kalimat utama.
Jawaban (Halaman 57)
Paragraf 1 :
Terdapat 5 bagian yang berperan dalam rantai kuliner di sawah yakni padi, tikus, ular, rajawali dan pengurai.
Paragraf 2 :
Terdapat 5 bagian yang berperan dalam rantai kuliner di maritim yakni fitoplankton, zooplankton, ikan kecil, ikan sedang, dan ikan besar.
Paragraf 3 :
Syarat keseimbangan rantai makanan adalah adanya seluruh komponen dalam sebuah ekosistem.
Paragraf 4 :
Pengurai mempunyai tugas besar dalam rantai makanan.
Ayo Berlatih
Pada halaman 58 sampai 59, sobat-teman diminta menggambar sebuah rantai masakan. Teman-sahabat juga diminta melengkapi gambar tersebut dengan informasi.Jawaban (Halaman 58-59)
Rantai kuliner pada ekosistem padang rumput.Keterangan diagram rantai kuliner pada ekosistem padang rumput.
- Rumput atau tumbuh-flora yang lain merupakan produsen alasannya mampu menghasilkan makanan sendiri. Setiap produsen akan disantap oleh pelanggan tingkat I.
- Zebra menjadi pelanggan tingkat I alasannya adalah zebra merupakan binatang herbivor yang mendapatkan energi dengan menyantap berkembang-tumbuhan. Sebagai pelanggan tingkat I, zebra akan dimakan oleh konsumen tingkat II.
- Singa menjadi pelanggan tingkat II sebab singa merupakan binatang karnivor yang menyantap hewan lain untuk bertahan hidup. Sebagai pelanggan tingkat II, singa akan mati. Bangkai singa akan diurai oleh mikroorganisme seperti jamur.
- Jamur menjadi pengurai karena jamur berperan dalam mengurai pelanggan tingkat III untuk meningkat biak. Hasil penguraian yang berisikan zat-zat tertentu akan masuk ke dalam tanah dan akan dimanfaatkan oleh tanaman selaku sumber kuliner.
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 56, 57, 58, 59. Semoga membantu teman-sobat dalam menjawab soal-soal yang disuguhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar