Pada subtema 3 pembelajaran 1 berisikan 6 halaman ialah halaman 100-105. Dalam pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah :
- Ayo Membaca halaman 101
- Ayo Berlatih halaman 102 dan 105
- Ayo Mencoba halaman 103
- Ayo Menulis halaman 104
- Ayo Renungkan halaman 105
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang mesti dijalankan. Pada artikel ini aku menjajal menolong sobat-teman untuk menjalankan soal-soal yang disuguhkan di halaman 103, 105. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 103-105 :
Ayo Membaca
Pada halaman 101, disajikan sebuah teks tentang rantai masakan dan jaring-jaring masakan. Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai kuliner. Rantai masakan ialah korelasi yang khas antara sekelompok produsen dan pelanggan. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu lalu menjadi mangsa pelanggan yang lain. Mangsa yakni semua hewan yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya terhadap pemangsa. Pemangsa atau predator yaitu konsumen yang berburu makanan. Kaprikornus, energi dialirkan dari produsen terhadap konsumen di dalam rantai masakan.
Di dalam suatu ekosistem, terdapat hubungan antara beberapa rantai makanan yang terjadi. Satu jenis hewan dapat terlibat dalam beberapa rantai makanan, demikian juga dengan produsen. Kumpulan dari berberapa rantai masakan di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan. Di dalam jaring-jaring makanan, jumlah hewan yang terlibat kian banyak dan energi yang mengalir juga semakin kompleks. Pada jaring-jaring makanan, dimungkinkan terjadi persaingan antarmakhluk hidup, baik di dalam rantai masakan, maupun di dalam jaring-jaring makanan. Setiap unsur yang ada dalam jaring-jaring makanan saling memengaruhi satu dengan lainnya.
(Sumber: Scott Foresman. Science. 2009; IPA. Choirulamin. 2010)
Ayo Berlatih
Pada halaman 102, sobat-teman diminta mengerjakan beberapa tugas yang disuguhkan menurut bacaan di atas.Jawaban (Hakaman 103)
Mencari Arti Kosakata Baru1. Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari bacaan di atas.
2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.
Jawaban menyesuaikan pengetahuan sobat-sobat terhadap kosakata terdapat pada teks.
Membuat peta anggapan
Ayo Berlatih
Pada halaman 105, sahabat-sobat diminta melaksanakan soal-soal latihan yang disajikan.Jawaban (Halaman 105)
1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring kuliner?Jaring-jaring masakan ialah korelasi dari beberapa siklus rantai makanan pada sebuah ekosistem.
2. Apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam suatu ekosistem?
Untuk mengenali interaksi antar spesies makhluk hidup dari beberapa rantai kuliner pada sebuah ekosistem.
3. Apa perbedaan antara rantai kuliner dan jaring-jaring kuliner?
- Makhluk hidup yang terlibat dalam rantai kuliner lebih sedikit dibanding jaring-jaring makanan.
- Aliran energi pada rantai makanan terjadi dalam satu arah, sedangkan ajaran energi pada jaring-jaring kuliner terjadi dalam arah yang lebih kompleks.
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 103, 105. Semoga membantu teman-sahabat dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar