Pada subtema 2 pembelajaran 4 terdiri dari 6 halaman adalah halaman 76-81. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 77 dan 80
- Ayo Berlatih halaman 78 dan 81
- Ayo Berdiskusi halaman 81
- Ayo Renungkan halaman 81
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dijalankan. Pada postingan ini saya menjajal menolong sobat-sobat untuk melakukan soal-soal yang disajikan di halaman 78, 81. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 78 dan 81 :
Ayo Membaca
Pada halaman 77 sampai 78, teman-teman diminta membaca sebuah teks tentang kebun teh di Puncak. Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor
Puncak yaitu suatu tempat wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar ialah bab dari tempat Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.
Di daerah ini terdapat suatu perkebunan teh yang sudah dibangun semenjak masa pemerintahan kolonial Belanda. Perkebunan ini sekarang berganti nama menjadi PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas. Perkebunan teh ini membentang di antara bukit-bukit yang ada di kawasan Puncak. Tanaman teh ditanam sedemikian rupa sehingga menciptakan pemandangan alam yang indah. Tanaman teh ditanam dengan rapi sesuai kontur perbukitan. Selain keindahan alam, kesegaran daerah ini mengakibatkan Puncak selaku daerah kunjungan rekreasi yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.
Dikarenakan posisinya yang berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango, udara tempat ini menjadi sejuk bahkan cenderung hambar. Inilah yang menciptakan daerah Puncak, Bogor sangat sesuai untuk budidaya tanaman perkebunan. Selain perkebunan teh, di tempat Puncak mampu kita temui juga perkebunan kopi, pala, tanaman hias, dan perkebunan buah seperti stroberi dan sayur-mayur.
Sumber: www.infobisnis-bogor.blogspot.co.id/2012/12/pertanian-di-kabupaten-bogor.html
www.id.wikipedia.org/wiki/Puncak,_Bogor
Ayo Berlatih
Pada halaman 78, teman-teman diminta menjalankan peran-peran yang disajikan.Jawaban (Halaman 78)
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.1. Membuat pertanyaan menurut bacaan.
- Di mana lokasi Puncak berada?
- Kapan perkebunan teh tempat Puncak dibangun?
- Apa saja perkebunan yang mampu dtemui di daerah Puncak?
Jawabannya
- Kawasan Puncak tergolong ke dalam kawasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.
- Dibangun semenjak kurun pemerintahan kolonial Belanda.
- Perkebunan teh, perkebunan kopi, pala, tanaman hias, dan perkebunan buah mirip stroberi dan sayur-mayur.
2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke kawasan wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan produksi yang kau lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan catatlah di daerah yang tersedia!
Menyesuaikan pengalaman teman-teman.
Ayo Membaca
Pada halaman 80, teman-sahabat diminta membaca suatu teks. Bersatu untuk Indonesia Makmur
Wilayah Indonesia yang terhampar dari Sabang hingga Merauke pasti memiliki banyak sekali keunikan. Setiap kawasan memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sungguh memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua trend, yaitu isu terkini hujan dan ekspresi dominan kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa menjadikan Indonesia senantiasa mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun berguna bagi acara agraris sehingga menciptakan Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam.
Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-peluangalam yang hebat. Setiap tempat di Indonesia mempunyai sumber daya alam yang khas, berlawanan satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu disangsikan. Diperlukan perjuangan untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, seperti yang diamanatkan oleh UUD 1945.
Persatuan dan kesatuan mutlak dibutuhkan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kesejahteraan rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap kawasan melakukan pekerjaan sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran penduduk tidak hanya untuk masyarakat kawasan tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh kesannya, setiap usaha pengelolaan sumber daya dan hasil bumi yaitu untuk sebesar-besar kesejahteraan rakyat.
Diolah dari banyak sekali sumber.
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 81, teman-sahabat diminta menjawab beberapa soal berdasarkan bacaan di atas.Jawaban (Halaman 81)
1. Diskusikan:a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengurus sumber daya alam dan hasil bumi.
- Pengelolaan sumber daya alam menjadi optimal alasannya adalah dikelola tolong-menolong.
- Tidak terjadi kelangkaan sumber daya alam di suatu daerah karena sumber daya alam tersebar secara merata.
- Kemakmuran penduduk meningkat.
b. Hal-hal yang dapat terjadi kalau sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
Pengelolaan sumber daya alam kurang maksimal, sumber daya alam tidak tersebar secara merata, dan kemakmuran penduduk suatu daerah menurun.
c. Berikan pola memakai dua daerah yang memiliki ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.
Misalnya Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan. Kabupaten Gresik dikenal sebagai kota industri yang diantaranya menjadi daerah produksi pupuk dan listrik. Namun, kabupaten ini kurang dalam hal pertanian. Sedangkan Kabupaten Lamongan menjadi salah satu tempat penghasil sumber daya alam penghasil di sektor pertanian. Dengan persatuan dan kesatuan serta atas dasar saling memerlukan, kedua kabupaten ini dapat melakukan pekerjaan sama untuk menyanggupi keperluan masing-masing.
Ayo Berlatih
Pada halaman 81 subjudul selanjutnya, disajikan beberapa soal latihan yang harus dilaksanakan.Jawaban (Halaman 81)
1. Sebutkan perilaku-perilaku yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.Bersikap toleransi terhadap sesama, menjaga kerukunan, tidak menciptakan ujaran kebencian, dan memprioritaskan kepentingan biasa dibandingkan dengan kepentingan eksklusif.
2. Bagaimanakah pengaruh letak geografis Indonesia dengan kehidupan masyarakatnya yang agraris?
Letak geografis Indonesia menciptakan Indonesia mengalami 2 animo yakni demam isu kemarau dan hujan serta menerima sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini sangat membantu para petani untuk menggarap sawahnya.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 78, 81. Semoga membantu sahabat-sahabat dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar