Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 28-36. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul adalah :
- Ayo Membaca halaman 29 dan 32
- Ayo Mencoba halaman 31
- Ayo Berlatih halaman 35 dan 36
- Ayo Renungkan halaman 36
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dilaksanakan oleh sobat-sahabat.. Pada postingan ini aku menjajal membantu sobat-sobat untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 30, 31, 32, 34, 36. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 30-36 :
Ayo Membaca
Pada halaman 29, terdapat sebuah teks yang mesti dibaca. Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris
Indonesia mempunyai keadaan geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau mirip Indonesia, disebut negara kepulauan. Negara kepulauan ialah salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim yakni negara yang mempunyai luas laut lebih besar ketimbang luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. Oleh alasannya itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak mempergunakan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Selain selaku negara kepulauan dan bahari, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga ialah negara agraris. Negara agraris yakni negara yang sebagian besar penduduknya melakukan pekerjaan sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia mempunyai lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diamati, negara Indonesia mempunyai berbagai gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi dapat menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.
Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Adanya dua demam isu, adalah ekspresi dominan kering atau demam isu kemarau dan isu terkini lembap atau ekspresi dominan hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk melakukan pekerjaan . Kekayaan bahari dan pertanian ialah sumber daya andalan Indonesia.
Diolah dari aneka macam sumber
Pada halaman 30, sobat-sahabat diminta melaksanakan beberapa tugas yang diberikan.
Jawaban (Halaman 30-31)
1. Menentukan pokok anggapan dan berita penting dari bacaan dengan memakai tabel di bawah ini.2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan
Negara Indonesia tergolong negara kepulauan alasannya terdiri atas pulau-pulau. Indonesia juga termasuk negara bahari, yaitu negara yang lautnya lebih luas dibanding daratannya. Selain itu, Indonesia ialah negara agraris, yaitu negara yang dominan orangnya bekerja selaku petani. Indonesia memiliki 2 demam isu yakni kemarau dan hujan. Semua kekayaan dan kondisi alam tersebut, para petani dan nelayan Indonesia yang terbantu.
Ayo Mencoba
Dengan memakai peta, kamu dapat mengetahui keadaan geografis sebuah negara tergolong kenampakan alamnya. Perhatikan dua kenampakan alam di samping. Tahukah kamu nama kenampakan alam tersebut? Dengan mengetahui kenampakan alam, kau juga dapat mengetahui peluangsumber daya alam yang tersedia dan mata pencaharian penduduk yang ada di sekitarnya. Kini saatnya bagimu untuk mengetahui kondisi geografis daerahmu sendiri dengan memakai peta. Bekerjalah bersama dengan sahabat sebangkumu untuk melakukan kegiatan ini.
Siapkanlah alat dan materi mirip peta pulau kawasan kau tinggal, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Bacalah kembali langkah-langkah menggambar peta mirip yang sudah diterangkan pada pembelajaran sebelumnya. Gunakan pensil warna untuk menunjukkan pada petamu perihal ketinggian kawasan masing-masing.
Perhatikanlah nama berbagai kenampakan alam yang ada, mirip nama gunung, selat, atau maritim yang berada di daerah tersebut. Dengan menggunakan warna yang berbeda, seperti pada peta asli, kamu mampu membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kau dapat mengenali tempat mana yang lebih rendah atau lebih tinggi daripada daerah yang lain.
Daerah dengan dataran tinggi seperti pegunungan biasanya orangnya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, umumnya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan kawasan yang berada bersahabat bahari? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk memberikan dan menerangkan gosip ihwal kemungkinan acara masyarakatdi daerah yang memiliki perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang sudah disediakan.
Dalam pengerjaan.
Ayo Membaca
Pada halaman 33 hingga 34, disajikan suatu teks yang harus dibaca. Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Pemikiran ihwal pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari efek berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi itu berdiri berdasarkan anutan seorang lulusan sekolah dokter Jawa (STOVIA) berjulukan dr. Wahidin Sudirohusodo. Dokter Wahidin Sudirohusodo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik terhadap cara perjuangan lewat pendidikan. Ide ini menarik perhatian seorang mahasiswa STOVIA bernama Sutomo yang pada kesannya mendirikan organisasi modern pertama di Indonesa berjulukan Budi Utomo.
Perjuangan dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo ialah berusaha menghidupkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan agama dan suku. Keberadaan Budi Utomo sudah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional. Sementara kebangkitan perjaka Indonesia, ditandai dengan peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
Pada kenyataannya, semangat persatuan dan kesatuan senantiasa mendapatkan tantangan. Tantangan ini berupa perlawanan dari bangsa aneh maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak mengharapkan persatuan bangsa. Untuk melawan kekuatan ajaib, muncullah perlawanan penduduk di segala penjuru Indonesia yang melahirkan tokoh-tokoh yang gagah berani. Jenderal Sudirman dan Bung Tomo, ialah dua dari sekian banyak tokoh nasional yang terkenal berani melawan kekuatan gila yang mengancam kesatuan negara Indonesia. Kedua tokoh tersebut berjuang sekuat tenaga untuk menjaga kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agusutus 1945.
Pada abad sekarang, perjuangan mempersatukan bangsa sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan Aceh Merdeka di Aceh dan gerakan Organisasi Papua Merdeka di Papua merupakan gerakan penduduk yang ingin memisahkan diri dari NKRI pada periode Orde Baru. Setelah abad Orde Baru tamat, digantikan oleh kala Reformasi, para pemimpin nasional pada abad itu berusaha keras melaksanakan perundingan-perundingan untuk meredam agresi perpecahan tersebut. K.H Abdurrahman Wahid, Presiden ke-empat Indonesia merupakan salah satu tokoh nasional yang menolong upaya perdamaian untuk menanggulangi perpecahan tersebut.
Sumber Bacaan: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id dengan penyesuaian
Pada halaman 34, sobat-sahabat diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disuguhkan.
Jawaban (Halaman 34)
1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?Karena organisasi Budi Utomo bisa menghidupkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Sehingga tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo dijadikan saat-saat kebangkitan nasional.
2. Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?
Ide Dr.Wahidin Soedirohoesodo yang ingin mengganti cara berjuang rakyat Indonesia dari usaha fisik terhadap cara usaha melalui pendidikan telah menarik minatSutomo yang pada risikonya organisasi Budi Utomo bangun.
3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dahulu dan sekarang? Jelaskan!
- Saat dahulu, persatuan dan kesatuan NKRI terancam oleh akal kancil dari penjajah yang berusaha mengadu domba rakyat Indonesia serta gerakan-gerakan dari organisasi-organisasi pemberontak yang berupaya memecah belah bangsa.
- Saat kini, persatuan dan kesatuan NKRI terancam oleh sifat-sifat fanatisme, egois, dan perbuatan-perbuatan yang tidak bertanggung jawab mirip mengembangkan gosip h0ax, memberikan ujaran kebencian yang mampu mengadu domba penduduk .
4. Apa saja usaha yang sudah dikerjakan untuk mengatasi bahaya kepada keutuhan NKRI pada waktu dahulu dan sekarang?
- Saat dulu, perjuangan yang dilaksanakan ialah membentuk organisasi-organisasi untuk menyatukan elemen-komponen masyarakat serta melakukan pemberantasan kepada organisasi pemberontak.
- Saat kini, perjuangan yang dilakukan yakni membuat instrumen aturan serta penegak aturan untuk memberantas para pelaku yang berusaha memecah belah bangsa.
Ayo Berlatih
Pada halaman 36, sahabat-sobat diminta menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan.Jawaban (Halaman 36)
1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim?Karena Indonesia berisikan banyak pulau dan mempunyai maritim yang luas dibanding daratannya.
2. Informasi apa sajakah yang mampu diperoleh dari sebuah peta geografis?
Penampakan alam suatu wilayah, luas wikayah, nama-nama wilayah, dan batas wilayah.
3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?
- Kehidupan penduduk menjadi hening.
- Masyarakat Indonesia tidak mudah diadu domba.
- Mempercepat pembangunan sehingga kehidupan masyarakat lebih makmur.
4. Berikan pola ancaman kepada persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.
- Tawuran antar pelajar atau golongan penduduk .
- Sikap f4n4tisme yang menciptakan kebencian antar kelompok/organisasi penduduk .
- Berita h0ax.
- Ujaran kebencian yang disampaikan di dunia konkret maupun dunia maya.
5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dijalankan untuk menangani bahaya kepada persatuan dann kesatuan bangsa yang datang dari dalam penduduk Indonesia sendiri?
Memperbaiki teladan pikir penduduk Indonesia biar selalu memprioritaskan kepentingan penduduk lazim dibanding kepentingan langsung atau kelompok. Contohnya dengan bersikap toleran kepada sesama walaupun berlainan status agama, suku, dan yang lain.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 30, 31, 32, 34, 36. Semoga membantu sobat-sahabat dalam menjawab soal-soal yang dihidangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar