Pada subtema 2 pembelajaran 3 berisikan 9 halaman ialah halaman 64-72. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 64 dan 67
- Ayo Berlatih halaman 65, 67, dan 71
- Ayo Mengamati halaman 68 dan 70
- Ayo Menulis halaman 69
- Ayo Renungkan halaman 72
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang mesti dikerjakan oleh sahabat-sahabat.. Pada artikel ini saya menjajal membantu sobat-sobat untuk melakukan soal-soal yang dihidangkan di halaman 65, 67, 68, 69, 71. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 4 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 65-71 :
Ayo Membaca
Pada halaman 65, sobat-sobat diminta mengamati pantun yang tersaji.Saat malas dan tak bertenaga
Jangan diam mirip pagar
Sebaiknya lakukan olahraga
Agar peredaran darah menjadi lancar
Ayo Berlatih
Kemudian sobat-teman diminta menjawab beberapa soal menurut pantun di atas.Jawaban (Halaman 65)
1. Jelaskan ciri-ciri pantun di atas!
- Terdiri dari 4 baris dalam 1 bait
- Memiliki sajak a-ar-a-ar.
- Suku kata pada baris pertama hingga keempat secara berturut-turut yaitu 10, 9, 11, dan 13 suku kata.
2. Identifikasilah sampiran dan isi pantun di atas?
Yang ialah sampiran yakni baris 1 dan 2 yakni :
Saat malas dan tak bertenaga
Jangan diam mirip pagar
Yang ialah isi adalah baris 3 dan 4 ialah :
Sebaiknya lakukan olahraga
Agar peredaran darah menjadi tanpa gangguan
3. Apa amanat pantun di atas?
Olahraga ialah salah satu cara semoga peredaran darah menjadi tanpa hambatan.
4. Buatlah sebuah pantun, kemudian identifikasilah ciri-cirinya. Presentasikanlah pantun buatanmu di depan kelas!
Si Budi tiba telat
Karena bangun kesiangan
Jika ingin peredaran darah sehat
Rajinlah makan sayur-sayuran
Ciri-ciri :
- Terdiri dari 4 baris dalam 1 bait
- Memiliki sajak at-an-at-an
- Suku kata pada baris pertama hingga keempat secara berturut-turut ialah 8, 9, 12, dan 8 suku kata.
- Baris 1 dan 2 ialah sampiran, sedangkan baris 3 dan 4 ialah isi pantun.
Ayo Membaca
Pada halaman 67, disajikan suatu bacaan yang mesti sahabat-teman baca.Pak Damar ialah pebisnis sandal refleksi. Pak Damar memproduksi sandal yang mampu digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Sandal refleksi produksi Pak Damar terbuat dari kayu. Kayu tersebut diperoleh dari tempat sekitar kawasan tinggalnya. Pak Damar cuma berbelanja kayu berkualitas. Namun demikian, Pak Damar selalu menyarankan terhadap pemasok kayu untuk melakukan reboisasi sesudah penebangan. Dengan reboisasi hutan menjadi tidak botak dan hasil reboisasi beberapa tahun kemudian dapat dimanfaatkan lagi, di antaranya pohon mampu ditebang dan kayunya mampu dipakai lagi.
Tenaga kerja di pabrik Pak Damar juga berasal dari warga di sekitar tempat tinggalnya. Sebelumnya, mereka diberi pelatihan apalagi dulu oleh Pak Damar. Bahkan sekarang, beberapa tenaga kerja Pak Damar sudah membuka perjuangan sendiri. Pak Damar lalu mengakibatkan mereka sebagai mitra kerja untuk menyanggupi permintaan pasar yang semakin meningkat.
Sumber :
Subekti, Ari (2017). Tema 4 Sehat itu Penting Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Ayo Berlatih
Pada halaman 67 hingga 68, sahabat-teman diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tadi.Jawaban (Halaman 67-68)
1. Identifikasilah interaksi insan dan lingkungan pada bacaan di atas!Pak Damar menemukan kayu dari kawasan sekitar daerah tinggalnya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan sandal refleksi.
2. Bagaimana efek interaksi insan terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan di atas? Jelaskan!
Pemanfaatan sumber daya alam sekitar untuk menunjukkan manfaat bagi masyarakat, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan ekonomi penduduk sekitar, dan manfaat sandal refleksi untuk kesehatan peredaran darah penduduk luas.
3. Apa faedah usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya? Jelaskan!
Membuka lapangan pekerjaan, mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar, dan menyanggupi kebutuhan sandal refleksi bagi penduduk .
4. Apa yang dikerjakan Pak Damar untuk meminimalkan kerusakan lingkungan balasan usahanya? Jelaskan!
Pak Damar selalu memperlihatkan usulan terhadap penyuplai kayu untuk melaksanakan reboisasi semoga hutan yang ditebangi tidak gundul.
5. Apakah terdapat korelasi ketergantungan dalam bacaan di atas?
Ada, ialah hubungan antara Pak Damar dengan penyuplai kayu serta hubungan Pak Damar dengan masyarakat sekitar yang saling memerlukan.
Ayo Menulis
Pada halaman 69, sahabat-sobat diminta menuliskan peran sahabat-teman di lingkungan saat ada penyeleksian ketua RW. Jawaban ditulis pada tabel yang tersedia.Jawaban (Halaman 69)
Ayo Berlatih
Pada halaman 71, sobat-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan yang dihidangkan.Jawaban (Halaman 71)
1. Bagaimana cara pengambilan keputusan bersama yang umum dikerjakan dalam masyarakat di Indonesia? Jelaskan!Masyarakat Indonesia biasanya melaksanakan musyawarah. Namun, dikala musyawarah gagal menemukan kata mufakat, maka akan dilakukan pemungutan suara (voting).
2. Apa saja masalah dalam masyarakat yang mampu dipecahkan lewat pengambilan keputusan bareng ?
- Pemilihan ketua RT, RW, atau kepala desa.
- Menentukan acara ronda malam.
- Menyelesaikan pertikaian antar warga.
- Penyelenggaraan sebuah program seperti lomba.
3. Bagaimana cara masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga?
- Ikut serta dalam pemilihan ketua RT, RW, atau kepala desa.
- Menjaga kebersihan lingkungan.
- Melaksanakan acara ronda malam.
- Menjaga kerukunan antar warga.
4. Sebagai seorang siswa sekaligus warga, apa yang mampu kamu kerjakan dalam kehidupan bermasyarakat?
- Menjaga kebersihan lingkungan.
- Menjaga kerukunan antar sahabat dan tetangga.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 4 Sehat itu Penting halaman 65, 67, 68, 69, 71. Semoga menolong teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar