Pada subtema 1 pembelajaran 2 berisikan 6 halaman yaitu halaman 7-12. Dalam pembelajaran 2 ini terdapat beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 7
- Ayo Berlatih halaman 8 dan 10
- Ayo Bernyanyi halaman 9
- Ayo Mengamati halaman 11
- Ayo Renungkan halaman 12
Di antara subjudul-subjudul tersebut, sobat-sobat akan mendapatkan soal-soal yang harus dilaksanakan. Pada postingan ini aku menjajal menolong sahabat-sahabat untuk mengerjakan soal-soal yang dihidangkan di halaman 8, 9, 10, 11. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 8-11 :
Ayo Membaca
Pada halaman 7 hingga 8, disuguhkan suatu teks yang harus teman-sahabat baca. Kampung Rawajati
Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk menciptakan lingkungan hijau oleh tumbuhan, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di pusat bareng dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.Apa yang dikerjakan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi? sampah konsumsi ada yang berbentuksampah organik. Sampah organik yaitu sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam mirip tumbuhan dan hewan serta aneka macam hasil olahannya sehingga mampu terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan didapatkan gunungan sampah sisa kuliner yang menyebabkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga mempunyai lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa kuliner tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.
Ada juga sampah konsumsi berbentuksampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan mampu terurai oleh kuman secara alami. Beberapa acuan sampah anorganik yaitu sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik, botol kaca, besi, serta barang tak terpakai yang lain. Warga Rawajati mempunyai bank sampah, selaku kawasan menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di sentra diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan selesai. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu kian bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain menghemat tumpukan sampah, warga pun bahagia sebab menemukan faedah dan laba berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak mempunyai tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba menghimpun botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo simpanan.
Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk dimasak menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, alas gelas, dompet, serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan bungkus bekas. Kegiatan ini dijalankan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, menghemat tumpukan sampah, dan menambah duit belanja pastinya menjadi hal kasatmata yang berfaedah bagi warga dan lingkungan.
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Ayo Berlatih
Pada halaman 8 sampai 9, sobat-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan yang disuguhkan. Jawaban mesti dilafalkan secara verbal.Jawaban (Halaman 8-9)
1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas telah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan?Ungkapkan pendapatmu secara ekspresi di depan sobat-sahabat dan gurumu!
Judulnya yaitu Kampung Rajawati. Kata kuncinya ialah kampung. Isi bacaan tersebut belum sesuai dengan kata kunci yang aku sebutkan karena isi bacaan lebih banyak menggambarkan pengelolaan sampah di kampung tersebut, bukan menggambarkan kampung secara lazim.
2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang dapat kau kerjakan kepada sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!
Sampah rumah tangga biasanya cuma dibuang dan dibakar di pekarangan. Masih belum ada pengelolaan untuk mempergunakan sampah. Sampah yang ada d rumah saya umumnya saya buang di pekarangan belakang.
Ayo Berlatih
Pada halaman 10, teman-teman diminta menjawab suatu pertanyaan yang disuguhkan.Jawaban (Halaman 10)
Apa isi lagu tersebut? Apakah kamu menyanyikan lagu di atas sesuai dengan interval lagunya? Apakah kamu mengetahui apa yg dimaksud dengan interval lagu? Coba tuliskan yang dimaksud interval pada kolom berikut.Interval lagu yakni jarak antar nada-nada yang ada pada sebuah lagu.
Ayo Mengamati
Pada halaman 11, disajikan 2 buah gambar yang mesti sobat-sobat amati. Kemudian sahabat-sobat diminta melaksanakan soal-soal yang berhubungan dengan gambar tersebut.Jawaban (Halaman 11)
1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut? Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut!Perbedaan tinggi badan, ukuran tubuh, ukuran pakaian, warna pakaian, dan bantalan kaki.
2. Tahukah kau yang dimaksud abad puber? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami abad puber. Apa ciri-ciri anak pria dan perempuan pada periode puber? Tuliskan pada kolom berikut!
Masa puber yaitu periode berkembangnya insan dari anak-anak menjadi remaja.
Ciri-ciri anak pada abad puber
Laki-laki : berkembang rambut pada ketiak dan kem4luan, tumbuh jakun pada leher, suara membesar, dan mengalami mimpi basah
Perempuan : p4yud4ra membengkak, tumbuh rambut pada kem4luan dan ketiak, p1nggul membesar, dan mengalami menstruasi.
Demikian kunci balasan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 8, 9, 10, 11. Semoga menolong sahabat-sobat dalam menjawab soal-soal yang disuguhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar