Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 113-118. Dalam pembelajaran 6 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :
- Ayo Mengamati halaman 113
- Ayo Berdiskusi halaman 115
- Ayo Berlatih halaman 117
- Ayo Berdiskusi halaman 117
- Ayo Renungkan halaman 118
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang mesti sahabat-teman selesaikan. Pada artikel ini saya mencoba menolong sobat-sobat untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 116. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 116 :
Ayo Mengamati
Pada halaman 113 sampai 114, terdapat sebuah teks yang mesti teman-sahabat baca. Raga, Sukma, dan Semesta
Dengan pengalamannya berpuluh tahun selaku bidan, beliau menyadari betul pentingnya proses menyehatkan jiwa raga, sekaligus merawat lingkungan.
Sebagai putri Pulau Dewata, ia sudah biasa hidup dalam kepercayaan bahwa alam semesta amatlah kaya akan warisan untuk dikembangkan, dan bukan dihabiskan, demi keuntungannya bagi masyarakat luas.
Bahan dasar seluruh produk Bali Tangi diambil dari tumbuhan setempat yang sebagian besar dibudidayakan di tanah dewata oleh petani lokal. Proses penanaman, pengambilan materi, panen, pengeringan hingga dengan selesainya rangkaian pengerjaan produk, dijalankan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan.
Untuk pengerjaan parfum dari tumbuhan kering yang umum disebut potpourri, bahan dasar yang dipakai yaitu daun, bunga, dan buah yang sudah rontok atau tampakmati. Proses pengeringan juga dijalankan dengan cara konvensional, tanpa menggunakan alat atau materi kimia apapun. Tempat pengeringannya pun mempergunakan lahan yang ada.
Begitu pula dengan produk lain seperti bedak cuek, lulur, sabun, dan boreh, dibentuk dengan cara yang sengaja disederhanakan agar memungkinkan bagi siapapun untuk menirunya, sekalipun cuma untuk pemakaian rumah tangga.
Sungguh menakjubkan perjalanan suatu industri yang ketika ini sudah merambah ke tingkat internasional, tetapi masih tetap mampu menjaga idealisme luhurnya, “Bukan cuma kebugaran raga, tetapi juga perawatan kesegaran sukma.
Bukan hanya rempah, minyak, dan khasiatnya, namun juga hasil bumi yang ditanam dengan ketulusan hati. Bukan pula hanya bertujuan untuk berpadu dengan alam, namun juga menyatu dengan semesta.”
[Hanni Armansyah, berdasarkan wawancara dengan Ibu Made Yuliani, Juli 2014]
Pada halaman 116 sobat-sahabat diminta mengerjakan beberapa soal menurut teks tadi.
Jawaban (Halaman 116)
1. Apa jenis wirausaha yang dikerjakan oleh Ibu Made Yuliani?Produsen produk Bali Tangi.
2. Sikap apa yang mampu kita pelajari dari Ibu Made Yuliani?
Mau melestarikan produk lokal, berusaha bermanfaat bagi masyarakat, dan bertanggung jawab terhadap keterjagaan lingkungan.
3. Apa manfaat dari perjuangan yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani?
Menyehatkan masyarakat, mempekerjakan petani lokal, dan keadaan lingkungan tersadar.
4. Apakah kau menemukan perilaku tanggung jawab yang ditunjukkan oleh Ibu Made Yuliani dalam melakukan usahannya? Jelaskan.
Ya. Proses bikinan wirausaha Ibu Made Yuliani dikerjakan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan mulai dari penanaman hingga menjadi produk. Hal ini memberikan bahwa Ibu Made Yuliani tidak cuma mementingkan bisnisnya tetapi tetap bertanggung jawab kepada lingkungan.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 116. Semoga membantu teman-sahabat dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar