Kamis, 24 September 2020

Isu Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 berjudul Komponen Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Pada subtema 1 pembelajaran 1 berisikan 7 halaman yakni halaman 2-8. Dalam pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa subjudul adalah :

  • Ayo Membaca halaman 4
  • Ayo Mengamati halaman 6
  • Ayo Menulis halaman 7
  • Ayo Renungkan halaman 8


Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang mesti dijalankan oleh sahabat-sobat.. Pada postingan ini aku mencoba menolong sahabat-sahabat untuk menjalankan soal-soal yang disuguhkan di halaman 2, 4, 6, 7, 8. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 2-8 :

Pada halaman 2, dihidangkan 2 buah gambar. Teman-sahabat diminta menyebutkan perbedaan apa saja yang mampu terdapat dari kedua gambar di tersebut.

Jawaban (Halaman 2)

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Pada halaman 3, sahabat-teman diminta membaca sebuah teks yang disuguhkan.

Ekosistem
Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk menyanggupi kebutuhannya. Lingkungan yakni segala sesuatu yang berada di sekeliling makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bab yang hidup (biotik) dan bab tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tanaman, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.

Cahaya matahari mampu menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang cocok kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu flora membuat kuliner. Air dan tanah ialah bab penting dari suatu lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.

Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di suatu lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

Individu yakni makhluk hidup tunggal, contohnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi yakni kumpulan individu sejenis yang menempati suatu kawasan tertentu. Contoh, di suatu kolam, terdapat populasi ikan, populasi flora teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas yaitu populasi makhluk hidup di suatu tempat tertentu. Contoh komunitas yakni komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
(Sumber : Scott Foresman. Science. 2010)

Pada halaman 4, sahabat-teman diminta menuliskan asumsi utama dan isu penting dari teks tersebut pada tabel yang tersedia.

Jawaban (Halaman 5) 

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Ayo Membaca

Pada halaman 5, disajikan suatu teks yang harus sobat-teman baca untuk menambah pengetahuan.

Jenis Makanan Hewan
Jenis masakan hewan dikelompokkan menjadi dua, yakni masakan yang berupa tumbuhan dan kuliner yang berupa hewan lain. Hewan yang mengkonsumsi tumbuhan memilih bab-bab tumbuhan yang dapat dijadikan kuliner. Ada binatang yang cuma mengkonsumsi daun tumbuha. Ada pula hewan yang cuma menyantap batang, buah, atau hanya biji tumbuhan. Namun, ada beberapa macam hewan yang memakan lebih dari satu bab tumbuhan tersebut.

Bagian tumbuhan yang paling kerap dijadikan kuliner binatang yaitu daun. Hewan mirip ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa teladan hewan yang memakan daun. Sementara itu, beberapa hewan menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu hewan yang menggemari batang tanaman padi dan jagung. Sedangkan binatang panda menggemari batang pohon bambu. Bagian flora berbentukbuah juga disenangi binatang. Belatung bahagia menyantap bagian dalam buah dan ini kerap kali merugikan para petani buah-buahan. Burung-burung menggemari bab flora yang berbentukbiji. Biji padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sungguh disenangi para tupai.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8
Beberapa binatang menyantap hewan yang lebih kecil selaku makanannya. Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi binatang yang lebih besar. Serangga menjadi masakan bagi hewan-hewan seperti katak atau cecak. Tikus menjadi makanan bagi kucing. Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi makanan bagi burung elang.
Sumber: BSE IPA 2010

Pada halaman 6, teman-sahabat diminta membuat pertanyaan berdasarkan teks di atas. Dalam membuat pertanyaan, sahabat-sobat harus memperhatikan kata tanya serta ejaan yang benar.

Jawaban (Halaman 6)

1. Apa saja jenis makanan binatang?
2. Apa jenis kuliner yang digemari panda?
3. Hewan apa yang menyukai biji kenari?
4. Mengapa setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda-beda?
5. Mengapa ada hewan yang mengkonsumsi binatang lain?

Jawabannya
1. Makanan yang berupa tumbuhan dan masakan yang berupa hewan lain.
2. Batang bambu.
3. Tupai.
4. Karena setiap binatang memiliki ciri khusus yang berbeda-beda. Sehingga ciri khusus menentukan jenis makanannya.
5. Agar keseimbangan ekosistem tetap tersadar.

Ayo Mengamati

Pada halaman 6, teman-sobat diminta memperhatikan binatang-hewan yang ada di sekitar. Kemudian sobat-sobat diminta merencanakan alat dan bahan seperti gunting, kertas karton besar, spidol, surat kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas. Lalu sobat-sobat diminta mengikuti tindakan acara berikut ini.
Langkah-langkah acara:
1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar hewan yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
2. Dengan menggunakan penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut mirip teladan berikut!
3. Letakkan gambar hewan yang sudah digunting lalu rekatkan pada kolom pertama tabel dengan memakai lem. Tuliskanlah nama binatang di bawah gambarnya.
4. Tuliskanlah nama atau jenis kuliner yang dikonsumsi oleh binatang tersebut di kolom tengah.
5. Tuliskanlah jenis makanan tersebut, apakah termasuk tanaman atau hewan lain.
6. Tempelkanlah hasil pekerjaan kelompokmu di tempat yang gampang dilihat.
7. Lakukanlah gallery walk atau melihat hasil kerja kelompok bersama dengan kalangan-kalangan lain untuk menyaksikan dan saling belajar.
8. Kembalilah ke kelompokmu, lalu tuliskanlah kesimpulanmu wacana hewan dan jenis makanannya.

Jawaban (Halaman 6-7)

Hewan dan jenis makanannya
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Kesimpulan
Makanan setiap hewan berlawanan-beda alasannya adalah setiap hewan mempunyai ciri khusus yang berlawanan.

Ayo Menulis

Pada halaman 7 sampai 8, sahabat-teman diminta membuat sebuah teks nonfiksi yang terdiri atas tiga paragraf. Teks mesti sesuai dengan ketentuan berikut ini :
1. Pilihlah dua hewan yang mempunyai jenis masakan yang berbeda. Satu hewan pemakan tumbuhan dan satu hewan pemakan binatang lain.
2. Tuliskanlah penjelasan ihwal hewan tersebut tergolong habitat orisinil, jenis kuliner, serta cara binatang tersebut menerima dan memakan makanannya.
3. Gunakanlah hasil pengamatan dan informasi penting yang sudah kau peroleh dari bacaan untuk melengkapi tulisanmu.
4. Kamu juga mampu melengkapi tulisanmu dengan gambar hewan yang kamu maksud.
5. Tuliskanlah klarifikasi perihal kedua binatang tersebut pada selembar kertas dengan tulisan yang rapi.

Jawaban (Halaman 7-8)

Kambing
Kambing merupakan salah satu binatang yang sering diternak oleh insan. Kambing ternak hidup di sangkar bikinan insan, sedangkan habitat kambing liar biasanya di daerah padang rumput, hutan, atau perbukitan yang dekat dengan sumber kuliner.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Kambing tergolong binatang herbivora sebab makanannya berbentukdedaunan atau rerumputan. Kambing liar mendapatkan makanan dari berkembang-flora yang ada di sekitarnya. Untuk kambing ternak, sumber masakan diperoleh dari peternak. Kambing ternak mempunyai ciri khas adalah mengeluarkan bunyi “embek” ketika mereka lapar.

Sebagai binatang pemamah biak, kambing mencerna makanannya dengan 2 langkah. Pertama, masakan dikunyah di dalam mulut kemudian masuk ke lambung untuk dicerna. Kemudian kuliner akan tadi akan keluar dari lambung menuju ke verbal lagi untuk dikunyah lagi kemudian masuk lambung untuk dicerna lebih lanjut. Inilah yang menjadi alasannya mengapa kambing tampakmengunyah meski tidak memakan daun.

Teks 2
Musang
Musang ialah salah satu hewan mamalia. Hewan ini menjadi lawan bagi para peternak utamanya peternak ayam sebab musang sering memangsa ayam mereka. Tiga jenis musang yang cukup dikenal di Indonesia antara lain Luwak, Bintaruong, musang akar, dan musang bulan/galing.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Kebanyakan musang hidup liar. Namun, musang juga dipelihara oleh beberapa orang. Musang liar umumnya hidup di pepohonan atau bersembunyi di sela-sela bebatuan. Musang digolongkan sebagai binatang karnivora karena mereka ialah binatang yang menyantap binatang lain. Musang yang hidup di sekitar pemukiman penduduk biasanya mendapatkan kuliner dengan memangsa ayam-ayam penduduk. Hewan ini mempunyai gigi taring yang tajam serta gigitan yang berpengaruh sehingga mampu mengoyak daging.

Musang sebetulnya tidak hanya menyantap daging. Ada musang yang menggemari buah-buahan atau kopi. Kopi luwak merupakan salah satu buktinya. Luwak yang mengkonsumsi kopi akan mengeluarkan kotoran berbentukbiji kopi. Biji kopi luwak sungguh berguna bagi kesehatan.

Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 2, 4, 6, 7, 8. Semoga menolong sobat-sobat dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar