Pada subtema 2 pembelajaran 2 berisikan 7 halaman yakni halaman 60-66. Dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari beberapa subjudul adalah :
- Ayo Berlatih halaman 60 dan 65
- Ayo Renungkan halaman 66
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang mesti dikerjakan. Pada postingan ini saya menjajal menolong teman-sobat untuk menjalankan soal-soal yang disajikan di halaman 61, 62, 63, 65. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 61-65 :
Ayo Berlatih
Pada halaman 61, sahabat-sahabat diminta menjelaskan gambar rantai kuliner yang disuguhkan.Jawaban (Halaman 61)
- Padi merupakan produsen alasannya mampu menghasilkan kuliner sendiri. Setiap produsen akan dimakan oleh pelanggan tingkat I ialah tikus.
- Tikus menjadi konsumen tingkat I alasannya tikus merupakan binatang omnivor yang juga menyantap padi untuk menemukan energi. Sebagai konsumen tingkat I, tikus akan disantap oleh konsumen tingkat II adalah ular.
- Ular menjadi konsumen tingkat II sebab ular merupakan binatang karnivor yang mengkonsumsi tikus untuk mempertahankan hidupnya. Sebagai pelanggan tingkat II, ular akan dikonsumsi oleh konsumen tingkat III yakni burung rajawali.
- Burung rajawali menjadi konsumen tingkat III alasannya ular merupakan binatang karnivor yang memakan menerima energi dengan menyantap ular. Sebagai pelanggan tingkat III, burung elang akan mati. Bangkai burung elang akan diurai oleh mikroorganisme mirip jamur.
- Jamur menjadi pengurai sebab jamur berperan dalam mengurai konsumen tingkat III untuk meningkat biak. Hasil penguraian yang berisikan zat-zat tertentu yang lalu akan masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber makanan.
Selanjutnya sahabat-sobat juga diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersaji pada halaman 61.
Jawaban (Halaman 61)
1. Apa yang dimaksud aliran energi pada suatu rantai kuliner?Aliran energi pada suatu rantai kuliner yaitu perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya dari insiden makan dan dimakan pada suatu rantai kuliner.
2. Adakah hubungan antara rantai kuliner dengan pemikiran energi? Jelaskan!
Ada alasannya adalah pada rantai kuliner niscaya terjadi peristiwa makan dan dimakan. Ketika sebuah makhluk hidup memanfaatkan atau menyantap makhluk hidup lain, maka akan terjadi perpindahan energi berbentukzat-zat yang diperlukan untuk bertahan hidup bagi makhluk hidup tersebut.
3. Jelaskan peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan.
Produsen ialah satu-satunya unsur yang mampu memproduksi makanan sendiri. Produsen juga menjadi bagian yang akan dikonsumsi oleh konsumen tingkat I agar rantai kuliner tetap berjalan.
4. Rantai masakan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?
Jumlah konsumen I akan menyusut secara drastis karena disantap oleh pelanggan II yang lebih banyak. Sedangkan jumlah pelanggan II akan semakin banyak alasannya tidak ada pelanggan puncak yang mengkonsumsi mereka.
Pada halaman 62, sobat-teman diminta menciptakan sebuah rantai kuliner yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Teman-teman juga harus menyebutkan jenis ekosistemnya.
Jawaban (Halaman 62)
Rantai makanan pada ekosistem sawah
Pada halaman 63, sahabat-teman diminta menentukan salah satu gambar yang disajikan! Kemudian sahabat-teman diminta membuat suatu karangan nonfiksi perihal rantai masakan dengan menggunakan salah satu hewan dalam gambar tersebut!
Teman-sobat diminta memakai kalimat sendiri dengan bahasa Indonesia yang bagus dan benar.
Pada halaman 63 juga dihidangkan beberapa daftar kosakata yang mampu digunakan untuk menciptakan karangan nonfiksi ihwal ekosistem. Kosakata tersebut lain :
Jawaban (Halaman 63)
Rantai Makanan di Laut
Rantai makanan yakni urutan peristiwa makan dan disantap antara makhluk hidup pada suatu ekosistem. Salah satu ekosistem di bumi ini adalah laut. Kita tahu bahwa maritim menjadi habitat para makhluk hidup bahari mulai dari anemon laut, ikan, gurita, cumi-cumi, kepiting, kerang, dan masih banyak lagi yang yang lain. Oleh alasannya adalah itu, ekosistem laut juga tidak terlepas dari rantai kuliner.
Salah satu rantai makanan laut ini melibatkan paus orca yang merupakan paus pembunuh. Beberapa makhluk hidup lain yang terlibat antara lain fitoplankton, zooplankton, ikan teri, ikan tuna, anjing maritim, dan organisme pengurai. Setiap makhluk hidup tersebut memiliki peran dalam rantai masakan ialah produsen, konsumen, dan pengurai.
Dalam ekosistem bahari, fitoplankton menjadi produsen karena mampu memproduksi makanannya sendiri dengan sumbangan cahaya matahari dan zat-zat kimia tertentu. Sebagai produsen, fitoplankton menjadi mangsa bagi zooplankton.
Zooplankton merupakan organiame kecil di maritim yang tergolong ke dalam herbivor karena menyantap tanaman fitoplankton untuk menerima energi. Sebagai konsumen tingkat I, zooplankton akan dimakan oleh konsumen tingkat II yakni ikan-ikan teri.
Ikan-ikan teri akan dimangsa oleh pelanggan III ialah ikan-ikan tuna. Sebagai konsumen tingkat III, ikan-ikan tuna menjadi masakan bagi anjing laut yang merupakan konsumen tingkat IV. Anjing bahari memang menggemari ikan-ikan sedang mirip ikan tuna. Paus orca menjadi pelanggan tingkat V atau pelanggan puncak karena hewan ini tergolong hewan karnivor. Paus orca suka memangsa anjing-anjing bahari.
Seiring berjalannya waktu, paus orca akan mati. Bangkai paus orca akan diuraikan oleh pengurai. Zat-zat penting pada bangkai paus akan larut di lautan. Peristiwa makan dan disantap pada ekosistem bahari ini akan terjadi terus menerus selama ekosistem laut tetap tersadar.
Ayo Berlatih
Pada halaman 65, sahabat-teman diminta menjawab beberapa soal yang disuguhkan.Jawaban (Halaman 65)
a. Lengkapilah tabel berikut dengan nama tarian dan properti yang digunakan.b. Menurut pendapatmu, apakah properti-properti tari yang dipakai memperkuat pesan yang disampaikan melalui tarian?
Ya, alasannya adalah properti tari mampu mempertegas gerakan penari sehingga maksud cerita tari dapat ditangkap oleh penonton. Entah itu tari pertempuran, tari penyambutan, atau yang yang lain.
c. Sebutkan tarian yang memakai lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut.
Tari Serimpi, Tari Angguk, dan Tari Kancet Papatai.
Ayo Berlatih
Pada halaman 65, sahabat-sobat diminta menjawab beberapa soal lagi.Jawaban (Halaman 65)
1. Apakah tugas produsen, pelanggan, dan pengurai dalam suatu rantai masakan?Produsen berperan sebagai kuliner dan pemberi energi bagi konsumen, pelanggan berperan selaku pemakan produsen, sedangkan pengurai berperan dalam mengurai zat-zat pada konsumen yang telah mati agar mampu masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan produsen sebagai kuliner.
2. Menurutmu, apa sajakah yang mampu mengusik rantai makanan? Bagaimana pengaruhnya kepada ekosistem?
Adanya faktor alam adalah perubahan ekspresi dominan dan bencana alam serta faktor manusia yaitu aktivitas industri dan pembukaan lahan yang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga membuat ekosistem menjadi terganggu.
3. Apakah yang dimaksud dengan properti dalam seni tari? Berikan contoh properti tari yang kamu ketahui!
Properti tari adalah segala perlengkapan tari yang dipakai untuk mendukung pentastari. Contohnya adalah selendang, senjata, epilog kepala, topeng, dll.
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 61, 62, 63, 65. Semoga menolong teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar