Kamis, 24 September 2020

Informasi Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 124, 125, 126, 128 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128

Pada subtema 3 pembelajaran 4 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 122-129. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah :

  • Ayo Membaca halaman 123 dan 127
  • Ayo Berkreasi halaman 125 dan 128
  • Ayo Berlatih halaman 128
  • Ayo Renungkan halaman 129


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu sahabat-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disuguhkan di halaman 124, 125, 126, 128. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 4 halaman 124-128 :

Ayo Membaca

Pada halaman 123 sampai 124, disajikan suatu teks ihwal kesempatanIndonesia sebagai negara maritim dan agraris.

Potensi Indonesia selaku Negara Maritim dan Agraris

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128
Letak geografis Indonesia sungguh menguntungkan alasannya berada di tengah-tengah jalur jual beli dunia. Terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia, sejak dulu abad Indonesia tidak pernah sepi, khususnya oleh kapal-kapal yang menjinjing komoditas jual beli dari satu negara ke negara lain. Tidak cuma itu, sumber daya yang tersimpan di dalam maritim Indonesia ternyata amat berpotensi. Data Food and Agriculture Organization (FAO) 2015 menyebutkan bahwa Indonesia penghasil paling besar di dunia untuk produk rumput bahari dan tuna. Indonesia juga menjadi penghasil kepiting dan udang terbesar kedua sehabis China. Beragam produk unggulan perikanan tersebut tersebar di seluruh kawasan Nusantara. Sentra buatan udang berada di kawasan Sumatra dan Jawa Barat. Kepiting tersebar di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Penghasil utama rumput laut berada di wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara. Sementara itu, kawasan penghasil tuna terfokus di Papua, Maluku, dan Sulawesi Utara. Dari angka ini, cuma sekitar sepuluh persen yang dikala ini telah dieksplorasi dan dimanfaatkan. Selain itu, perairan Indonesia menyimpan 70 persen kesempatanminyak sebab terdapat kurang lebih 40 cekungan minyak yang berada di perairan Indonesia.

Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan suatu negara agraris. Indonesia semenjak dulu telah populer selaku penghasil rempah-rempah dan mempunyai tanah yang subur. Kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu, merupakan beberapa acuan dari sekian banyak hasil pertanian/perkebunan Indonesia. Peminat produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata banyak di mancanegara. Banyak produk pertanian yang berkala diekspor dengan nominal yang cukup besar. Biji cokelat, tembakau, aneka rempah-rempah, seperti lada hitam, lada putih, kayu bagus, biji pala, dan vanili, merupakan beberapa teladan hasil pertanian yang terus diekspor. Potensi bahari dan agraris di Indonesia semuanya memiliki kegunaan bagi kemakmuran dan kemakmuran segenap bangsa Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, tata cara komunikasi dan angkutanmenjadi aspek penting dalam kehidupan berbangsa dan mengembangkan perekonomian. Saat ini, jaringan komunikasi sudah dibangun sedemikian rupa sehingga mampu menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. Jaringan komunikasi ini akan membuat lebih mudah banyak sekali transaksi ekonomi, menyangkut undangan dan penyediaan barang irit antardaerah dan antarpulau. Jaringan komunikasi juga membantu terbentuknya kesatuan bangsa sebab mempermudah korelasi antarsuku yang berada di tempat yang terpisah.

Sistem komunikasi dan sistem transportasi ialah salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi. Pemenuhan keperluan barang didistribusikan melalui jaringan transportasi. Sebagai negara kepulauan, saat ini pemerintah membangun sistem transportasi udara yang lebih baik untuk memudahkan dan mempercepat perpindahan insan dan barang. Pemerintah juga membangun metode angkutandarat yang semakin baik dengan meyediakan banyak sekali pilihan moda transportasi , mirip kereta api. Transportasi maritim pun menjadi salah satu metode transportasi yang memudahkan distribusi barang dan perpindahan penduduk antarpulau.
Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/ 
http://katadata.co.id/infografik/2016/02/22/indonesia-nirwana-perikanan-dunia

Pada halaman 124 hingga 125, sobat-sahabat diminta menuliskan pokok fikiran dan berita penting dari setiap paragraf, serta kesimpulan dari bacaan di atas.

Jawaban (Halaman 124-125)

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128

Kesimpulan
Indonesia mempunyai peluangyang sungguh tinggi untuk menjadi negara maju. Kondisi serta letak geografis Indonesia membuat Indonesia tidak hanya disebut negara strategis tetapi juga negara yang kaya akan sumber daya alam. Pemerintah mesti terus mendukung kesempatanini dengan mengembangkan tata cara transportasi dan komunikasi untuk memajukan ekonomi sehingga kesejahteraan dan kesejahteraan rakyat juga meningkat.

Ayo Berkreasi

Pada halaman 125 dan 126, teman-sahabat diminta mencari isu sebanyak-banyaknya mengenai pertumbuhan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, tata cara komunikasi, dan transportasi yang terdapat di Indonesia. Terutama yang ialah akhir dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara agraris. Informasi mampu diperoleh dari internet, koran, atau majalah.

Jawaban (Halaman 125-126)

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128

Ayo Membaca

Pada halaman 127 hingga 128, dusajikan suatu teks tentang pengetahuan Nusantara.

Wawasan Nusantara

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terhampar luas dari Sabang hingga Merauke. NKRI terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh bahari besar dan kecil. Wilayah Indonesia ialah paduan tunggal antara darat, bahari, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya. Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada lembaga internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan daerah yang tak mampu dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.

Pemahaman ihwal eksistensi Nusantara beserta dengan segala isinya dianggap penting oleh negara untuk menjaga kesatuan bangsa. Oleh balasannya, Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 wacana Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) mengenalkan desain cara pandang nasional yang dikenal dengan Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara (wasantara) merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan menurut Undang-Undang Dasar 1945. Wawasan Nusantara ialah cara pandang dan perilaku bangsa Indonesia perihal diri dan lingkungannya dengan memprioritaskan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan kawasan dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Wawasan Nusantara ini dapat menumbuhkan dan mempererat rasa kesatuan, persatuan, dan senasib sepenanggungan kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Wawasan Nusantara ini memprioritaskan kesatuan daerah dan menghargai kebhinekaan atau keanekaragaman untuk meraih tujuan nasional.

Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara meliputi perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keselamatan. Dalam kesatuan ekonomi, Wawasan Nusantara mencakup hal-hal berikut.

  1. Semua kekayaan yang terdapat di daerah Nusantara merupakan modal dan milik bersama bangsa. Kebutuhan untuk kebutuhan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh daerah tanah air.
  2. Tingkat kemajuan ekonomi haruslah sebanding untuk seluruh wilayah di Indonesia, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh setiap tempat dalam upaya pengembangan kehidupan ekonominya.
  3. Kehidupan perekonomian di seluruh daerah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan selaku perjuangan bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sumber: http://www.kompasiana.com/ 
http://www.sejarah-negara.com

Berdasarkan postingan tersebut, pada halaman 128 teman-sahabat diminta menulis kesimpulan sebanyak tiga hal penting yang telah dipahami dari bacaan tersebut

Jawaban (Halaman 128)

Kesimpulan :
  1. Deklarasi Juanda menegaskan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak mampu dipisah-pisahkan.
  2. Wawasan Nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keanekaragaman untuk mencapai tujuan nasional.
  3. Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara selaku satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keselamatan.

Ayo Berlatih

Pada halaman 128 berikutnya, sobat-teman diminta menjawab soal-soal latihan yang dihidangkan.

Jawaban (Halaman 128)

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.
Wawasan Nusantara yakni cara pandang dan perilaku bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dengan memprioritaskan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk meraih tujuan nasional.

2. Manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia alasannya adalah dampak letak geografisnya?
Letak geografis Indonesia menciptakan Indonesia menjadi jalur pelayaran kapal-kapal jual beli dunia, Hal ini menjadi potensi bagi Indonesia untuk meningkatkan ekonomi.

3. Bagaimana caramu untuk memajukan persatuan dan kesatuan antara teman satu sekolah yang mempunyai perbedaan latar belakang ekonomi?
Menjaga kerukunan dengan sobat, membantu sobat yang kesulitan, dan mengajak sobat untuk bermain tanpa memandang status ekonominya.

4. Bagaimana penjelasanmu perihal perkembangan teknologi transportasi ketika ini ketimbang zaman dahulu?
Alat transportasi sudah berganti dari angkutanbertenaga manual menjadi tenaga bahan bakar minyak dan listrik. Perubahan ini juga membuat alat transportasi dikala bisa melaju lebih cepat dan mampu memuat penumpang lebih banyak. Selain itu, ketika ini alat transportasi didukung dengan tata cara online seperti pada mode angkutanojek dan taksi.

Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 124, 125, 126, 128. Semoga membantu teman-sobat dalam menjawab soal-soal yang dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar