Pada subtema 2 pembelajaran 3 berisikan 9 halaman yakni halaman 67-75. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yakni :
- Ayo Membaca halaman 68, 71, dan 72
- Ayo Bermain Peran halaman 74
- Ayo Berlatih halaman 75
- Ayo Renungkan halaman 75
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang mesti dilaksanakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu sobat-sobat untuk menjalankan soal-soal yang dihidangkan di halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 69-75 :
Ayo Membaca
Pada halaman 68 hingga 69, sobat-sobat diminta membaca sebuah teks untuk memperbesar wawasan tentang sistem irigasi subak. Sistem Irigasi Subak
Subak ialah sekumpulan petani di Bali yang mengurus sistem irigasi yang ada di sebuah tempat persawahan. Kawasan persawahan itu lazimnya dibatasi oleh kenampakan alam mirip sungai, jurang, atau kenampakan lain yang jelas terlihat. Satu golongan subak biasanya mempunyai satu sumber air yang mengalir ke sebuah sungai yang melewati atau berada bersahabat dengan persawahannya. Para anggota golongan subak memakai sistem bantu-membantu dan saling bantu dengan cara “meminjam air”, bukan utang piutang. Dengan demikian, setiap anggota mesti bertanggung jawab kepada penggunaan air juga kepada petani lain sesama anggota Subak.Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang diebut pekasehatau klean subak. Para pekaseh melakukan pekerjaan sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya. Para pekaseh ini diangkat oleh petani, bukan oleh perangkat desa. Mereka menertibkan dan mengumumkan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya. Apabila kelemahan air, metode pinjam air dilakukan semoga semua petani menerima air yang cukup untuk sawahnya.
Sistem irigasi subak dibangun oleh penduduk Bali sejak beratus tahun kemudian selaku bentuk kemandirian masyarakat dalam menangani masalah air irigasi. Semua duduk perkara pertanian dibahas secara musyawarah dan penyusunan rencana yang baik. Termasuk di dalamnya membicarakan planning pengairan, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang hendak dialirkan, dan waktu pengairan, tergolong semua orang yang hendak melakukannya. Subak tidak cuma mengamati sistem irigasi, namun juga mengamati asas kolaborasi dan keadilan dengan memakai metode meminjam air terhadap anggotanya. Dengan demikian, tidaklah mengherankan jikalau pada tahun 2012, subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) Pengakuan ini menjadi suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia.
Sumber: www.permateta.tp.ugm.ac.id
Sumber gambar: www.bali-bike.kompas.com
Setelah membaca, pada halaman 69 hingga 70 sahabat-sahabat melaksanakan beberapa peran yang dihidangkan.
Jawaban (Halaman 69-70)
1. Tentukan pokok pikiran dan berita penting dari bacaan dengan memakai tabel di bawah ini.
2. Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut.
Subak merupakan petani pengurus irigasi sawah di Bali. Para anggota kelompok subak saling menolong dan tolong-menolong dalam membagi air. Sistem irigasi subak dikelola oleh seorang pekaseh atau klean subak yang bertugas juga mengumumkan ketersediaan air pada sawah kelompoknya. Sistem subak sungguh memperhatikan asas kolaborasi dan keadilan. UNESCO telah mengakui subak selaku warisan dunia pada tahun 2012.
3. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu. Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.
a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
Untuk mengorganisir irigasi sawah.
b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?
Semua petani menerima air yang cukup untuk sawahnya.
c. Apa sajakah peran pekaseh?
Mengatur dan mengumumkan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.
d. Bagaimana cara anggota golongan subak di Bali dalam mengambil keputusan?
Keputusan diambil dengan bermusyawarah dan direncanakannya dengan baik.
e. Apa yang menyebabkan tata cara subak sukses menjangkau perhatian dunia?
Karena metode subak juga mengamati asas kerja sama dan keadilan dengan memakai metode meminjam air terhadap anggotanya.
f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditemukan dari sistem irigasi subak di Bali.
Nilai persatuan dan kesatuan dari sistem irigasi subak ditunjukkan dari prinsip asas kolaborasi dan keadilan sehingga para petani saling bantu-membantu dan saling membantu dalam persoalan pengairan sawah. Selain itu, segala duduk perkara pertanian dibahas secara musyawarah.
Ayo Membaca
Pada halaman 71, sahabat-sahabat diminta mencari informasi perihal aktivitas penduduk Indonesia sebagai negara agraris dan negara kepulauan berkaitan dengan mata pencaharian mereka. Beberapa acuan kehidupan penduduk di atas mampu digunakan sebagai sumber wangsit. Setelah mendapatkan berita, sahabat-teman diminta membuat suatu goresan pena nonfiksi secara mandiri sebanyak tiga paragraf atau lebih.Jawaban (Halaman 71)
Dalam pengerjaan
Ayo Membaca
Pada halaman 72 hingga 73, disuguhkan suatu teks ihwal insiden proklamasi kemerdekaan Indonesia yang harus teman-sobat baca untuk memperbesar wawasan. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebenarnya ialah bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Pada ketika yang serupa, dikibarkan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.
Setelah melalui waktu yang sangat usang disertai pengorbanan besar seluruh rakyat Indonesia, karenanya kemerdekaan dapat diwujudkan. Pada saat menjelang diproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadi penculikan terhadap dua tokoh bangsa Indonesia yang paling ternama, yakni Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta oleh para cowok pejuang Indonesia. Mereka dibawa dari Jakarta ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Tujuan penculikan yakni supaya kedua tokoh penting ini terhindar dari pengaruh ancaman dan tekanan pemerintah pendudukan Jepang.
Keeseokan harinya, kedua tokoh dikembalikan lagi ke Jakarta dan diamankan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, prajurit Jepang yang bersimpati kepada usaha rakyat Indonesia untuk merdeka. Di rumah itulah, naskah proklamasi dirumuskan oleh tiga orang pemimpin kelompok bau tanah, adalah Ir. Soekarno, Drs. Muhammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Dari golongan muda, ada Sukarni, B.M. Diah, dan Mbah Diro. Setelah final ditulis, naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Kemudian, Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta menandatanganinya atas nama bangsa Indonesia.
Sejak dikala itu, bangsa Indonesia hidup merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui Proklamasi tersebut, bangsa Indonesia memberitahukan terhadap seluruh dunia bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari penjajahan. Adapun isi Proklamasi tersebut yaitu sebagai berikut.
Sumber bacaan: BSE PKN Kelas 4, 2010
Setelah membaca, kemudian sobat-teman diminta menjalankan soal-soal yang disajikan pada halaman 73 hingga 74.
Jawaban (Halaman 73-74)
1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melaksanakan proklamasi kemerdekaannya?Agar Indonesia terbebas dari penjajahan dan diakui oleh seluruh dunia selaku negara berdaulat.
2. Apakah akhir dari insiden Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?
Kehidupan bangsa Indonesia tidak lagi diwarnai pertumpahan darah, kerja paksa, dan pajak yang tinggi mirip pada abad penjajahan.
3. Bagaimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan diterapkan pada insiden tersebut?
Nilai persatuan dan kesatuan ditunjukan dari kerja sama antara tokoh-tokoh Indonesia dalam mengupayakan proklamasi kemerdekaan. Selain itu, terwujudnya proklamasi kemerdekaan sendiri tidak lepas dari seluruh rakyat yang bersatu melawan penjajah.
4. Tahukah kau ihwal kejadian Rengasdengklok yang terjadi sebelum insiden proklamasi? Carilah isu wacana peristiwa itu, dan tuliskan temuanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.
Dalam pengerjaan
Ayo Berlatih
Pada halaman 75, disajikan beberapa soal latihan yang harus sobat-sahabat lakukan.Jawaban (Halaman 75)
1. Jelaskanlah nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan penduduk Bali lewat metode subak!Nilai persatuan dan kesatuan dari metode irigasi subak ditunjukkan dari prinsip asas kerja sama dan keadilan sehingga para petani saling tolong-menolong dan saling membantu dalam duduk perkara pengairan sawah. Selain itu, segala duduk perkara pertanian dibahas secara musyawarah.
2. Jelaskanlah acuan kegiatan ekonomi masyarakat yang tinggal di tempat pantai!
Nelayan yang menangkap ikan, petani yang mempergunakan air bahari untuk menciptakan garam, penjualyang memasarkan ikan, pelaku perjuangan yang menciptakan kerajinan dari kerang untuk dijual, jasa persewaan perahu, dan masih banyak yang yang lain.
3. Jelaskan secara singkat peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945!
Setelah sempat diculik ke Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945, Ir.Soekarno dan Moh.Hatta jadinya dibawa kembali ke Jakarta tepatnya di rumah Laksamana Muda Maeda pada tanggal 17 Agustus 1945. Bersama dengan Achmad Soebardjo, Ir.Soekarno dan Moh.Hatta merumuskan naskah proklamasi. Naskah proklamasi lalu diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta. Bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, akibatnya naskah proklamasi tersebut dibacakan oleh Ir.Soekarno pada pukul 10.00.
4. Tahukah kau mengapa kelompok pemuda meminta Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta untuk membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?
Agar bangsa Indonesia segera terbebas dari penjajahan.
5. Apakah faedah yang diperoleh rakyat Indonesia dengan adanya kejadian Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?
Kehidupan rakyat Indonesia menjadi lebih makmur karena tidak ada lagi pertumpahan darah, kerja paksa, dan pajak yang mencekik.
Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75. Semoga menolong teman-sobat dalam menjawab soal-soal yang disuguhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar