Kamis, 24 September 2020

Informasi Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121

Pada subtema 3 pembelajaran 3 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 112-121. Dalam pembelajaran 3 ini berisikan beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 113 dan 118
  • Ayo Berlatih halaman 116 dan 121
  • Ayo Renungkan halaman 121


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dilakukan. Pada postingan ini aku menjajal menolong sobat-teman untuk mengerjakan soal-soal yang dihidangkan di halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 114-121 :

Ayo Membaca

Pada halaman 113, dihidangkan suatu teks tentang dampak letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial budaya penduduk .

Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia memiliki batas dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia memiliki batas dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia memiliki batas dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur maritim berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah dampak bagi Indonesia selaku suatu negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121
Letak yang sangat strategis ini menawarkan efek sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan penduduk negara sekitarnya. Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang dapat mendukung perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.

Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan maritim merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Kebudayaan tempat merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-tempat di seluruh kawasan Indonesia dan memiliki ciri khas tempat tersebut. Kebudayaan kawasan merupakan akar dari kebudayaan nasional. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional. Berbagai bentuk budaya seperti kesenian tempat, busana tradisional, rumah budbahasa, dan makanan khas menjadi bukti adanya keanekaragaman budaya Indonesia. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.
Sumber bacaan: BSE IPS Kelas 7, 2010 dengan penyesuaian

Pada halaman 114, sahabat-sahabat diminta menuliskan pokok pikiran dan informasi penting dari setiap paragraf, serta kesimpulan dari bacaan di atas.

Jawaban (Halaman 114-115)
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121


Kesimpulan
Letak geografis Indonesia sangat strategis sebab diapit dua samudra dan benua. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara terbuka untuk melakukan pekerjaan sama dengan negara-negara di sekitarnya untuk mendukung perkembangan bangsa Indonesia. Selain itu, wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menciptakan Indonesia mempunyai keragaman seperti budaya.

Pada halaman 115 hingga 116, sobat-teman diminta menjawab soal-soal yang disajikan.

Jawaban (Halaman 115-116)

1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekeliling ?
Negara-negara di sekitar Indonesia mempunyai kekuatan tersendiri yang mampu mendukung perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.

2. Apa sajakah dampak letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial penduduk ?
Bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling menolong dan peduli terhadap kehidupan penduduk negara sekitarnya.

3. Bagaimana imbas letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya penduduk ?
Kehidupan budaya masyarakat diwarnai dengan keragaman budaya tempat yang memiliki ciri khas masing-masing.

4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan kawasan?
Kebudayaan tempat merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di kawasan-tempat di seluruh kawasan Indonesia dan memiliki ciri khas tempat tersebut.

5. Tuliskan beberapa bentuk budaya tempat Indonesia!
Kesenian tempat, busana tradisional, rumah adab, dan makanan khas.

6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu!
Jawaban menyesuaikan bentuk budaya di tempat sobat-sobat.

Ayo Membaca

Pada halaman 118, teman-sahabat diminta membaca suatu teks tentang penduduk Bali yang bersatu.

Masyarakat Bali yang Bersatu

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121
Banyak bangsa mengagumi ke-hidupan penduduk Indonesia yang sungguh beragam, tetapi dapat hidup berdampingan dengan tenang. Banyaknya pulau mencerminkan juga banyaknya kehidupan sosial dan budaya yang ada. Setiap suku yang yang hidup di suatu daerah memiliki kehidupan sosial dan budaya yang khas dan unik. Belum lagi banyaknya bahasa yang digunakan oleh masyarakat tersebut. Akan tetapi ternyata, perbedaan itu justru menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Perbedaan tersebut justru mempererat masyarakat untuk tetap berada dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah telah memperlihatkan betapa terbukanya masyarakat Indonesia terhadap masyarakat lain yang berlainan. Salah satu penduduk yang terbuka yaitu penduduk Bali. Pada sekitar abad ke-16, Bali diperintah oleh Raja Dalem Waturenggong (1480 – 1550). Saat itu Raja bersama dengan rombongan mengadakan kunjungan ke Kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Sekembalinya dari kunjungan tersebut, Raja dikirim oleh sekitar 40 prajurit Kerajaan Majapahit yang beragama Islam, sampai hingga kembali di Pulau Bali. Ketika kepemimpinan Raja Dalem Waturenggong, semua serdadu yang beragama Islam tersebut diizinkan tinggal dan menetap di Bali yang penduduknya beragama Hindu. Sejak saat itulah, terbentuk komunitas Islam di Bali. Mereka pun mendirikan suatu masjid yang diandalkan sebagai masjid pertama di Bali. Masjid itu diberi nama Masjid Gelgel.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121

Hingga kini, masyarakat Bali dapat hidup rukun dan damai dengan penduduk lain yang berbeda kehidupan sosial dan budayanya. Pada setiap peringatan etika dan keagamaan di Bali, penduduk yang tidak beragama Hindu ikut mempertahankan semoga perayaan mampu berlangsung kondusif dan tenang. Demikian halnya saat umat Islam atau Kristen mengerjakan ibadahnya seperti, sholat Jumat atau tarawih dan kebaktian Minggu, masyarakat Hindu di Bali ikut mempertahankan daerah-kawasan ibadah, mirip masjid dan gereja.
Sumber: www.antarabali.com dengan adaptasi

Kemudian pada halaman 119 hingga 120, sahabat-sobat diminta melakukan soal-soal yang disajikan berdasarkan teks di atas.

Jawaban (Halaman 119-120)

1. Pada gambar di atas, polisi budpekerti Bali yang dinamakan pecalang ikut membantu masyarakat Muslim untuk melaksanakan sholat tarawih di salah satu masjid di Bali. Masyarakat Muslim di Bali kebanyakan adalah penduduk pendatang yang berasal dari tempat di luar Bali. Misal dari Jawa, Makasar, atau Sumbawa, yang memiliki kehidupan sosial dan budaya yang berlawanan.

a. Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau mempertahankan keselamatan umat Islam?
Karena pecalang mempunyai keharusan menjaga keselamatan tanpa memandang agama seseorang.

b. Apakah faedah yang mereka dapatkan dengan membantu penduduk Muslim manjalankan ibadah agamanya?
Menciptakan situasi hening, mempererat tali silaturahmi antarumat beragama, dan mereka mendapat rasa terima kasih dari penduduk Muslim.

c. Apakah manfaat yang diperoleh masyarakat Muslim di Bali dengan adanya pecalang tersebut?
Masyarakat Muslim mampu melakukan ibadah dengan hening, kondusif, dan tanpa gangguan.

d. Catatlah hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Info Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121

Ayo Berlatih

Pada halaman 121, sobat-sobat diminta melakukan soal-soal latihan yang disuguhkan.

Jawaban (Halaman 121)

1. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan sosial masyarakat?
Bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling menolong dan peduli kepada kehidupan penduduk negara sekitarnya.

2. Apa saja faedah yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakatnya?
Kehidupan budaya penduduk diwarnai dengan keragaman budaya daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

3. Jelaskan faedah persatuan dan kesatuan masyarakat di daerah tinggalmu!
Lingkungan selalu dalam keadaan tenang, aktivitas-acara masyarakat terselenggara dengan tanpa hambatan sebab disediakan secara gotong royong, dan tercipta sikap saling empati yang mana saat salah satu sulit, semua juga sulit sehingga saling membantu.

lingkungan rumahmu.Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar